Senin, 07 Mei 2012

Mutasi Trafo


Tata Cara Mutasi Trafo Distribusi
Didalam mengoperasikan distribusi ada beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain : 
1.                  Persiapan
·      Menyiapkan surat Perintah Kerja dari atasan yang berwenang
·      Menyiapkan peralatan kerja : 
-     Toolkit 1 set
-     Shackel Stick 20 kV
-     Fuse Puller
·      Menyiapkan Peralatan ukur :
-     Multimeter
·      Menyiapkan peralatan K3 :
o   Helm Pengaman
o   Sepatu
o   Sarung tangan isolasi
o   Pakaian kerja
o   Tali Pengaman
o   P3K
2.            Pelaksanaan
o   Memeriksa keadaan di sekitar trafo dan yakinkan trafo aman untuk di mutasi.
o   Melaporkan kepada pihak yang yang berwenang bahwa pemadaman siap dilaksanakan , tunggu sampai jawaban izin pengoperasian keluar.
o   Men trip kan trafo dengan cara men off kan saklar utama pada kotak PHB di bawah posisi trafo supaya lebih aman saat pengerjaan.
o   Melepas FCO dengan menggunakan shackel stick 20 kV.
o   Naik ke atas tiang menggunakan tali pengaman guna untuk melepas semua kabel dan pengaman trafo seperti arrester dan juga baut-baut yang terpasang pada trafo dengan besi-besi penopang sehingga hanya trafo saja yang akan di pindahkan ke truk guna untuk di mutasi pada daerah selanjutnya.
o   Setelah sampai di tempat mutasi selanjutnya sudah ada tim preventif yang lain yang bertugas memindahkan trafo tersebut ke tempat mutasi yang ketiga.
o   Pada pemasangan,trafo dinaikkan ke tiang. Setelah itu baru memasang baut-baut supaya trafo tidak terguncang dan kokoh.
o   Selanjutnya memasang arrester pada trafo, memasang kabel phase, dan memastikan bahwa semua terpasang dengan benar dan juga kabel R,S,dan  T nya,supaya tidak merusak peralatan listrik yang ada.
o   Bila sudah terpasang dengan benar semua maka para petugas tersebut turun dari tiang dan memasukkan FCO pada kondisi terhubung supaya aliran listrik dari kawat phase tersambung ke trafo.
o   Mengukur tegangan tiap phase dengan menggunakan multimeter.
o   Baru menyalakan kembali aliran listrik dengan cara mengaktifkan saklar utama pada kotak PHB supaya NH fuse bekerja melindungi trafo.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar