Senin, 07 Mei 2012

API


Diisi oleh Bapak Okto Rinaldi, yang menduduki posisi Manager Senior Pengembangan Diklat Prajabatan dan Penunjang di PLN. Beliau member penjelasan tentang API,yang dimaksud API disini adalah:
·         Antusiasme (Dikenal dengan istilah never surrender)
Dimana seseorang harus  mempunyai rasa ingin tahu dan kemauan yang tinggi untuk maju dan menjadi yang nomor satu.

·         Profesionalisme(Dikenal dengan istilah do the best)
Untuk membentuk diri yang profesional maka harus mampu melakukan sesuatu hal sesuai dengan norma yang ada dan tidak melanggar peraturan.

·         Integritas (Dikenal dengan istilah willing to sacrifice)
Kemauan untuk berkorban dan jujur dengan arti menjadi diri sendiri serta tidak menghalalkan segala cara.

Pada pembicaraan selanjutnya, Beliau telah dibahas mengenai definisi dari sukses. Sukses bukan hanya berarti menjadi orang kaya, menjadi sang juara, mempunyai anak yang banyak, istri yang banyak, ataupun mempunyai rumah yang banyak, tetapi kriteria seseorang dikatakan sukses adalah karena adanya pengakuan dari orang lain atas hasil karyanya dan tindakannya dalam melakukan sesuatu yang unggul, rasa bahagia, kepuasan tersendiri,yang berguna bagi orang lain, berguna bagi perusahaan, dan diridhoi Tuhan.
Kriteria seorang pegawai PLN yang paling utama adalah  menjadi seorang LEADER (pemimpin) bukan FOLLOWER (pengikut). Dan untuk mencapai itu harus memenuhi syarat kesuksesan seperti mempunyai pribadi yang sehat dan memiliki API yang berkobar-kobar. Tingkat kesuksesan seseorang itu tidak sama, tergantung dari pemikiran individu masing-masing. Untuk mencapai semua itu dibutuhkan :
·         Breakthrough (terobosan),dengan cara melihat dunia luar untuk mencari tahu apa yang belum diketahui karena pengetahuan yang sangat luas sehingga memungkinkan banyak inovasi.

·         Kreatif, kreatifitas merupakan kunci dari breakthrough dan sukses karena hal ini dituntut untuk profesionalisme/ mempunyai ilmu, antusiasme/mempunyai keinginan, dan mempunyai integritas/ mental yang bagus.

            Kesimpulan yang didapat pada Kuliah Umum kali ini adalah kami sebagai mahasiswa STT-PLN dan juga calon pegawai PLN, kami harus bisa bersaing dengan para pegawai dari Universitas terkemuka dan juga harus menjaga nama baik PLN. Dan juga harus mementingkan kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi. Karena itu salah satu kunci bagaimana kita menjadi sukses.