Senin, 14 Maret 2016

Trip Banyuwangi

Halo para traveler dan backpacker se-Indonesia.
Nah disini gw mau share tentang keindahan kota paling timur di jawa (dan estimasi biaya buat hidup disana pastinya).
Jadi gw sama adik sepupu gw pengen banget eksplorasi kota yang terkenal dengan nasi tempongnya ini (Banyuwangi) di akhir tahun kemarin (2015 lho ya,jadi masih up to date nih). Tanpa banyak rencana (dan uang pastinya), gw beserta 3 adik gw memutuskan buat pake mobil dari kota Malang (pas gw pulang kampung) ke Banyuwangi (estimasi biaya BBM lebih murah  habis sekitar Rp 400.000 untuk PP dan buat eksplorasi juga selama 3 hari 2 malam). Alasan kenapa gw pakai mobil karena lebih mudah menentukan tempat tujuan wisata, menghemat biaya sopir(gw sama adik sepupu gw gantian), dan akan sangat berguna saat kita berkunjung ke Kawah Ijen (yang terkenal dengan Blue Fire nya itu lho!). Sebenarnya kita cuma menghabiskan 2 hari 1 malam aja buat eksplorasi Banyuwangi (1 hari 1 malam abis di jalan PP dan istirahat bagi sopir aka gw.hhe). Yaudah daripada panjang kali lebar gw bakal jelasin hari-hari gw yang indah di sisi timur jawa ini.

Hari-1:

OTW berangkat goes to banyuwangi.

Kita berangkat pagi-pagi dari kota Malang (jadi kita pakai jalur Pantura karena lebih enak lihat pantai dan lebih lebar jalannya), sampai Pantai Pasir Putih, Probolinggo kita instirahat makan siang disana. Sore sekitar jam 4 sore kita sudah sampai Banyuwangi dan langsung masuk Taman Nasional Baluran (yang terletak di Banyuputih perbatasan Situbondo dan Banyuwangi dan dekat dengan pelabuhan Ketapang, sekitar 25 menit dari pusat kota Banyuwangi). Untuk karcis masuknya yang tergolong murah (Rp 2500 untuk 1 orang dan mobil Rp 10.000) tetapi disini kalian dapat menikmati semua wisata, dari ekologi hutan (Evergreen nya benar-benar hijau!), ekologi savana (sayangnya pas gw kesana cuma ketemu merak saja), dan yang paling ditunggu-tunggu ekologi pantai/laut (Pantai Bama).

Bukit Batu di Taman Nasional Baluran

Gw akan jelasin lebih detail untuk Pantai Bama karena menurut gw itu Pantai Bama merupakan salah satu pantai di Jawa yang punya tingkat kejernihan yang sangat bagus selain arus lautnya yang tenang (dikelilingi oleh hutan bakau). Kalian bisa snorkeling dengan berenang sepanjang 150 meter menuju laut dan juga kedalaman dari pantai sampai TKP sekitar 0,5 meter jadi jangan takut buat mencoba. Supaya kalian akan merasakan apa yang gw bilang itu benar dan akan terasa ketagihan buat datang kesana lagi. Karena gw datang kesorean jadi cuma sebentar gw snorkelingnya, tapi gw sudah jatuh cinta sama pantai ini. Saran gw datanglah saat jam 10an pagi sampai jam 3 sore karena kalian akan dapat pencahayaan yang bagus dari sinar matahari disamping kejernihan air lautnya yang benar-benar jernih.
Setelah puas (sebenarnya belum puas sih, tapi waktu menyuruh kami buat melanjutkan perjalanan) kita melanjutkan perjalanan menuju Kawah Ijen (kalau ini pakai jarak saja sekitar 10 km dari pusat kota). Jadi kita menuju pusat kota Banyuwangi dahulu dan makan nasi yang paling terkenal di Banyuwangi yaitu nasi tempong (pedas nya nampol pol!!)
Setelah selesai makan malam, melanjutkan perjalanan yang hanya bermodalkan waze dan google maps ke arah Paltuding (tempat parkir kendaraan terakhir di Kawah Ijen). Perjalanannya begitu gelap kalau saat lewat hutan dengan jalan yang menurut gw bagus tapi kurang lebar (setipe sama jalan menuju gunung bromo, kalau sudah pernah ke bromo pasti tahu) dan dingin tentunya. Sesampainya di Paltuding sekitar jam 10 malam kami langsung tidur di mobil (inilah kegunaan bawa mobil, selain menghemat biaya menginap, juga sangat dekat dengan loket pembelian karcis yang dibuka jam 2 pagi dini hari).

Hari-2:

When the sea, the land, and the sky meet in a photo (take from Ijen Crater)

Ganti hari ya, soalnya dibangunin sama bapak-bapak yang jaga parkiran buat siap-siap beli karcis masuk (kalau tidak salah sih jam 1 pagi, dan karcis dengan harga Rp 5.000/orang). Padahal kita sudah datang jam 10 malam dan suasana parkiran itu masih sepi sekitar 20 mobil, kita kira cuma sedikit yang akan naik ke Kawah Ijen ternyata banyak juga sekitar 1000 tiket sudah terjual saat gw tanya ke mas-mas yang menjaga pintu masuk. Perjalanan ke Kawah Ijen dari Paltuding sekitar 3 km tapi nanjak. Dimulai dari jam 2 pagi hiking  sampai ke TKP saja membutuhkan waktu 3 jam. Karena adk gw yang cewek agak kelelahan karena jadwal padat (saran gw siapin fisik yang bagus kalau mau hiking dan janganlah meninggalkan sampah di tempat wisata).

Selamat Pagi (dari Lereng Kawah Ijen)

Meski gw harus merelakan Blue Fire tapi pagi itu gw lihat mentari terbit dan menyinari laut, kota Banyuwangi, disertai langit yang memerah. Benar-benar bagus buat dilihat dan diabadikan di foto. Setelah foto sana foto sini dari mulai fajar menyingsing sampai matahari terlihat gagah di langit, akhirnya kita putuskan untuk turun dan melanjutkan ke tempat selanjutnya, yaitu Bansring (tempat penangkaran hiu yang terkenal di Banyuwangi).

Pulau Tabuhan

Bansring yang terletak diantara TN Baluran dan pelabuhan Ketapang (jalan masuk nya diantara hamparan kebun tebu di tepi jalan arteri). Disini kalian bisa menikmati trip ke pulau-pulau yang dekat dengan Banyuwangi seperti Pulau Tabuhan (harga trip sekitar Rp500.000 untuk 1 perahu yang dapat diisi 7-8 orang) dan Pulau Menjangan (harga trip sekitra Rp1.300.000 untuk 1 perahu yang dapat diisi 10 orang). Karena gw cuma berempat jadi berpikir ulang nge trip ke pulau-pulau itu. Tapi skill adik sepupu gw cadas, jadi dapet 4 orang lagi yang mau trip ke Pulau Tabuhan (pengennya ada yang mau trip ke Pulau Menjangan,lagi populer nih soalnya.hha) dan berangkatlah kita ke Pulau Tabuhan. Untuk sewa alat snorkeling disana menyewakan lengkap jadi jangan khawatir kalau tidak bawa sekitar Rp 45.000 sudah full set (kalau gw sama adik sepupu gw memang sudah bawa dari Jakarta). Trip ke Pulau Tabuhan dari mengantar ke spot snorkeling (jernih tetapi arus lautnya agak besar) lalu jalan-jalan ke Pulau Tabuhan (pulau yang bagus untuk dikunjungi dengan spot foto yang lumayan banyak.hhe) setelah selesai dari Pulau Tabuhan barulah balik ke Bansring dan mengunjungi penangkaran hiu di dekat pantainya.

Sepertinya itu saja yang gw ingin share untuk kalian semua yang mempunyai rencana ke Banyuwangi. Semoga bermanfaat dan berliburlah. Have a nice trip.